What’s Wrong with Peppermint’s Smell?

Masih banyak teman-teman oilers yang bertanya-tanya dan bingung ketika menerima aroma Peppermint yang berbeda dengan yang biasa digunakan. Baunya kok ga enak? Kok ga berasa ya? Kenapa yah? Apa efeknya bakalan beda? Dan sebagainya.

Apakah teman-teman disini masih merasa seperti itu? Khawatir mengenai aroma essential oil kok bisa beda-beda. Saya akan sharing secara singkat mengapa hal itu bisa terjadi. Dan tolong sebagai catatan, saya hanya menggunakan essential oil Young Living sebagai contoh.

Perlu diketahui, hal yang paling mendasar, kualitas dan konsistensi essential oil tidak dinilai hanya dari aromanya saja, apalagi jika kita menggunakan aroma essential oil sebagai terapi. Setiap batch essential oil alami tidak akan pernah bisa 100% sama satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan dari perbedaan kandungan berbagai komponen di dalam essential oil, yang dipengaruhi oleh, kondisi tanah perkebunan, cuaca, iklim, serta waktu panen dan proses pengeringan dan pengolahan essential oil.

Young Living selalu mengadakan tes, dan tidak hanya sekali, tes ini dilakukan oleh laboratorium perusahaan dan laboratorium pihak ketiga, untuk setiap essential oil yang diproduksi. Essential oil dengan hasil tes yang sesuai dengan standar lah yang akan lulus untuk dijual kepada konsumen. Contohnya, Peppermint memiliki kandungan Menthofurane, seperti yang disebutkan oleh Dr. Buch. Jika ukuran normal adalah antara 1 – 10, Peppermint dengan kandungan 2 Menthofurane dan Peppermint yang mengandung 9 Menthofurane pasti akan memiliki aroma yang berbeda.

Itu baru satu essential oil tunggal, belum lagi essential oil blend/campuran yang merupakan kombinasi dari beberapa oil tunggal, dan terkadang juga telah dicampur dengan carrier oil (minyak pengencer).
Jika setiap oil tunggal / single oil-nya memiliki kandungan yang bervariasi dengan batch produksi sebelumnya, dapat dipastikan oil blend yang terbentuk akan terpengaruh dengan hal itu.

Perbedaan kualitas dan konsistensi essential oil ga bisa ya teman-teman kita ukur dengan cuma oles dan hirup kecuali kita udha terlalith banget atau ahli di bidang per-essential oil-an. Badan kita juga berubah dan bisa memiliki reaksi yang berbeda untuk essential oil yang sama sekalipun, apalagi jika essential oil yang digunakan berasal dari batch produksi yang berbeda.

Essential oil Young living itu sama semua essential oil-nya, sumbernya sama, melalui tes dan dikemas di tempat yang sama. Dan mereka transparan kok tentang hal itu, jadi jangan sangsi. Mereka tidak ada perlakuan yang berbeda untuk negara-negara cabangnya di seluruh dunia, yang mungkin itu cuma perbedaan batch.

Jadi apakah perlu panik dan khawatir jika essential oil yang kalian terima baunya beda?

Menurut saya, jika kalian membelinya resmi secara langsung dari kantor Young Living, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Aroma tidak mempengaruhi efektifitas essential oil (Young Living), namun aroma memang bisa jadi preferensi pribadi. Jika tidak menyukai aromanya, teman-teman oilers bisa melakukan pengecekan di kantor tempat teman-teman membeli, apakah ada batch lain (jika tersedia), namun lagi-lagi, kita tidak tahu bagaimana aromanya sebelum dibuka.

Hal ini hanya untuk produk yang benar-benar unik seperti kasus Peppermint ini ya, bukan semua produk, jika tidak suka boleh tukar. Haha

Semoga artikel ini dapat membantu memahami jika menerima essential oil dengan aroma yang berbeda dengan yang biasa.

Yang pasti, jangan sampai membeli essential oil dari Market Place. Hal ini selain bertentangan dengan peraturan perdagangan mengenai penjualna Young Living, juga banyak terjadi pengalaman menerima essential oil yang ternyata isinya sudah diencerkan atau bahkan diganti dengan hal-hal lain yang tentunya berbahaya untuk kesehatan kita.

Salam sehat selalu.
Info & pertanyaan, silakan menghubungi saya;
Jeanne • WA 087816722132

EO 101 FAQ Oil Information Oil Knowledge Uncategorized Young Living

Jeanne View All →

A wife and a mom of two tods.
I love my life, I like scrapbooks, photography (even only with my iPhone 6+) and an essential oil lover.
I start using essential oil a year ago, November 2014 and become an independent distributor since then. I love to share the benefits of the oils with my friends and families, and you too!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: